Mengenai Saya

Foto saya
Depok, White Town, Christmas Island
Manusia Biasa

Selasa, 18 Agustus 2009

Polusi Suara

ORANG yang tinggal dekat bandar udara bisa meningkatkan tekanan darah tinggi akibat terjadinya polusi suara. Peneliti dari Karolinska Institute, Stokholm, Dr Mats Rosenlund mengatakan, orang yang tinggal di sekitar bandara sangat berisiko mengalami tekanan darah tinggi akibat tingginya polusi udara. Kesimpulan itu diambil dari penelitian terhadap 2.000 lelaki yang tinggal di sekitar bandara selama sepuluh tahun.

Tekanan darah tinggi bisa meningkat karena penduduk yang tinggal dekat bandara secara rutin mengalami kebisingan suara yang disebabkan pesawat. Bahkan, suara bising yang ditimbulkan dari pesawat pada beberapa orang bisa menyebabkan stres.

"Suara pesawat yang bising bisa menyebabkan stres karena berkali-kali mendengarkan suara yang keras bisa mengganggu kemampuan orang berpikir secara jernih. Bahkan, saat tidur atau santai selalu terganggu suara bising," ujar Rosenlund, kepada Reuters Health.

Rosenlund mengakui kesimpulan ini masih belum menjelaskan secara langsung bahwa suara pesawat yang bising di sekitar bandara berpengaruh secara langsung pada peningkatan tekanan darah penduduk di sekitar.

Meski demikian, penelitian tentang kebisingan suara di bandara dengan peningkatan tekanan darah penduduk di sekitar menunjukkan adanya keterkaitan. Penelitian ini melibatkan 2.027 penduduk yang diambil dari empat wilayah di sekitar Bandara Stockholm Arlanda.

Penelitian ini juga mengambil data dari tingkat kepadatan lalu lintas udara dan data diagnosis dokter tentang peningkatan tekanan darah dalam 10 tahun terakhir. Hasilnya, secara umum 20 persen lelaki yang sering terkena polusi suara dari pesawat 19 persen mengalami peningkatan tekanan darah tinggi.

Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan lelaki yang mengalami polusi udara lebih rendah. Hasil riset ini ditulis dalam jurnal kesehatan Epidemilogy. Faktor lain yang menyebabkan risiko meningkatnya tekanan darah tinggi, seperti usia, berat badan, pendapatan, dan kebiasaan hidup sehari- hari, dalam penelitian ini tak diperhitungkan.

Walaupun demikian, Rosenlund mengatakan masih terlalu dini jika menyatakan bahwa tinggal dekat bandara bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah tinggi. Namun, Roselund menyarankan agar penduduk yang tinggal di sekitar bandara, jika memungkinkan, sebaiknya mencari tempat tinggal baru.

Jika untuk sementara masih tinggal di sekitar bandara dan secara rutin selalu mengalami gangguan polusi udara, sebaiknya menjaga harmonisasi dengan tetangga agar bisa tetap bahagia. Pasalnya, kehidupan yang bahagia dan rukun dengan tetangga sangat membantu untuk mengurangi tingkat stres. Dan itu secara tak langsung mempengaruhi kesehatan termasuk tekanan darah tinggi.

Saat ini di Eropa sedang dilaksanakan penelitian serupa di beberapa bandara dan mungkin bisa dihasilkan kesimpulan yang lebih jelas. Apakah kebisingan bandara bisa meningkatkan tekanan darah tinggi. Sehingga bisa dihasilkan rekomendasi yang detail untuk masyarakat di sekitar bandara.

Okezone.com

Suara Pesawat Tingkatkan Darah Tinggi

Kamis, 14/02/2008





LONDON (SINDO) – Jangan main-main dengan pencemaran suara pesawat. Tekanan darah orang yang tidur pun bisa meningkat akibat suara bising pesawat. Berdasarkan penelitian Imperial College, London, terhadap 140 sukarelawan yang tinggal dekat Bandara Heathrow dan tiga bandara besar Eropa lainnya, suara pesawat lebih dari 35 desibel tidak baik bagi kesehatan.

Pasalnya, tekanan darah sistolik sukarelawan meningkat antara 6,2 mmHg dan tekanan darah diastolik meningkat 7,4 mmHg. Bahkan, peningkatan setiap lima desibel suara pesawat membuat tekanan darah sistolik naik 0,66 mmHg. Para peneliti menyimpulkan bahwa setiap 10 desibel suara pesawat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi sebanyak 14%.(BBC/wasis wibowo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar